Berbagi Informasi Menarik
News  

Jokowi Dan Presiden Xi Jinping Bersama-sama Mengembangkan Vaksin COVID-19

BEIJING – Sejumlah kesepakatan dicapai dalam pertemuan bilateral antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden Jokowi kemarin Rabu (16 November 2022) menyusul berakhirnya KTT G20 di Nusa Dua, Bali.

Salah satu kesimpulan utamanya adalah Jokowi dan Xi Jinping telah berkomitmen untuk berkolaborasi lebih erat dalam pengembangan vaksin Covid-19.

Mengutip kantor berita Reuters, berdasarkan informasi yang dirilis Kementerian Luar Negeri China, Xi mengatakan kepada Presiden Jokowi bahwa China akan mempromosikan penelitian dan pengembangan bersama vaksin dan akan terus membantu Indonesia dalam membangun pusat produksi vaksin regional.

Mengutip surat tersebut, Menteri Jokowi mengatakan, “Indonesia menyatakan kepuasan dan apresiasi atas kerja sama kedua belah pihak di bidang penelitian, pengembangan dan produksi vaksin COVID-19, serta siap untuk lebih mempererat kerja sama di bidang kesehatan.”

Indonesia telah menjadi pembeli utama vaksin Covid-19 buatan China sejak awal pandemi, hingga saat ini memasok ratusan juta vaksin yang diproduksi oleh Sinovac Biotech China.

Pada bulan September, Indonesia mengatakan telah memberikan persetujuan penggunaan darurat untuk vaksin mRNA Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan China, mendahului China.

Sesaat sebelum pembicaraan, Presiden Xi Jinping dan Presiden Widodo bersama-sama menyaksikan peresmian proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung, bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan China, yang dibiayai oleh pinjaman dari Bank Pembangunan China.

Rute sepanjang 142 km (88 mil) ini menghubungkan ibu kota, Jakarta, dengan kota Bandung. Pertemuan antara Xi Jinping dan Widodo menandai berakhirnya upaya diplomatik Xi Jinping untuk menghadiri KTT G-20, yang menandai kembalinya pemimpin China tersebut ke panggung paling berpengaruh dalam politik internasional.

Editor: Herlena Kartika Dewi | Sumber: Tunai